Jumat, 21 Oktober 2011

RDF (SAMPAH PLASTIK, STEROFOAM KERTAS, BAN) SOLUSI SAMPAH IRASIONAL UNTUK ENERGI ALTERNATIF

Saat ini sampah menjadi masalah besar sejalan dengan meningkatnya jumlah sampah sebagai konsekuensi semakin bertambahnya tingkat konsumsi masyarakat dan kegiatan industri. Berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Negara Lingkungan Hidup pada tahu 2008, sampah yang timbul di Indonesia sebesar 52.389.193 ton. Namun jumlah sampah yang terus meningkat kuantitasnya tidak diikuti dengan peningkatan kemampuan untuk mengolah dan memanajemen sampah dengan baik ditambah kemampuan lingkungan untuk mengurai sampah secara alami terus menurun.
Untuk ketahanan ekonomi berwawasan lingkungan, harus dilakukan pengolahan untuk menambah nilai ekonomis sampah atau memanfaatkan sampah untuk kepentingan yang lebih menguntungkan. Memanfaatkan sampah untuk menghasilkan renewable energy merupakan alternatif pengolahan sampah yang akan meningkatkan nilai ekonomis sampah dan dapat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil sehingga dapat berkontribusi untuk menurunkan emisi gas rumah kaca penyebab global warming.
Karya tulis ini bertujuan untuk memberikan gagasan baru dalam menyelesaikan masalah sampah sekaligus menyediakan sustainable and renewable energi dan meminimalisasi polusi dari pembakaran sampah dengan memberdayakan pemulung dan masyarakat sekitar tempat pembangan akhir (TPA) sebagai upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat miskin. Metode penulisan karya tulis yang digunakan meliputi pengumpulan data, pengolahan data dan analisis sintesis mengenai optimalisasi thermal treatment untuk recoveri energi sampah melalui pembuatan RDF dengan teknik pirolisis.
Recoveri energi dari sampah dapat diperoleh dari pembakaran konvensional yaitu sampah secara langsung dibakar dalam incinerator pada suhu 900-1400 0C. Namun, pembakaran konvensional menghasilkan efisiensi energi yang rendah. Pembakaran sampah secara langsung hanya memiliki nilai kalor sekitar 2000-2600 kkal/kg. Limbah hasil pembakaran konvensioal seperti gas asam, NOx, partikulat, logam berat dan dioksin juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada masyarakat yang tinggal di sekitar incinerator. Selain itu, pemanfaatan energi dari pembakaran konvensional berupa steam untuk menggerakan turbin sangat rumit dan butuh biaya instalasi yang mahal.
Modifikasi teknologi untuk optimalisasi recoveri energi dapat dilakukan melalui pembuatan RDF. Sebelum dibakar, dilakukan kegiatan pre-processing untuk memisahkan sampah dari recycable materials seperti kaca, plastik, kertas dan kaleng botol. Dalam kegiatan pre-processing material yang dapat direcycle atau sesuai untuk pengomposan dengan bantuan pemulung dipisahkan untuk diolah dan non-combustible materials seperti besi dan batu direject. Oleh karena itu, modifikasi teknologi ini memungkinkan untuk meminimalisasi limbah berbahaya hasil pembakaran. Sampah yang tertinggal kemudian melalui tahap proses pencacahan (crushing process), proses pengeringan (dryng process), proses pirolisis (Pyrolisis process), dan proses pemadatan (soliditying process) untuk menghasilkan RDF. RDF memilki nilai kalor mencapai 4000-4700 kkal/kg hampir setara dengan nilai kalor batubara yang biasa digunakan di industri yaitu jenis sub-bitumin dan bitumin dengan nilai kalor sebesar 4.800 kkal/kg.
Pembuatan RDF berbahan baku sampah organik melalui pemberdayaan pemulung dan masyarakat sekitar TPA ini memiliki dua manfaat utama. Yang pertama adalah pemilahan sampah dari non-combustible materials dan recycling materials seperti plastik, kaleng, besi dan lain-lain dapat berjalan efektif dengan bantuan pemulung sehingga hasil pembakaran tidak menimbulkan gas-gas berbahaya. Yang kedua pembuatan RDF dapat diproduksi skala kecil dengan teknologi sederhana oleh masyarakat sekitar TPA melalui UKM untuk pemenuhan kebutuhan bahan bakar masyarakat sehari-hari, sehingga membantu masyarakat mengurangi pengeluaran untuk pemenuhan bahan bakar sehari-hari. Untuk skala yang lebih besar, produk RDF dapat dijual sebagai pengganti batubara pada pembakaran kiln industri semen. Pada akhirnya akan mengurangi beban sampah di TPA, yang artinya dapat mereduksi masalah-masalah yang ditimbulkan oleh sampah sekaligus meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat khususnya masyarakat sekitar TPA.

Tidak ada komentar:

EASYHITS4U

Link akun paypal Untuk transaksi bisnis anda yang lebih mudah

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

PINGLER.COM

Ada kesalahan di dalam gadget ini