Kamis, 02 September 2010

TEKNOLOGI PENGOLAHAN SAMPAH KOTA DENGAN SISTEM SEL TIDAK TIMBULKAN BAU


Jakarta, 25/8/2010 (Kominfo-Newsroom) Hasil penelitian kerjasamaBadan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan PT. NavigatOrganic Energy Indonesia (NOEI) terhadap pengolahan sampahperkotaan dengan sistem sel basah dan kering terbukti tidakmenimbulkan bau yang menyengat dan sanitasi lingkungannya dapatdikendalikan dengan baik.
Disamping itu, dari pengolahan sampah perkotaan dengan sistemsel tersebut, juga dapat memproduksi gas metana, kata Kepala BidangTeknologi Pengendalian Pencemaran Lingkungan, BPPT, Dr. Ir. ArieHerlambang, MS pada siaran iptek voice di Kemristek, Rabu(25/8).
Menurutnya, penelitian tersebut dilakukan mulai 2009, berlokasidi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung, Denpasar, Bali. Pengolahansampah TPA Suwung mempunyai luas sekitar 26 ha, namun yangdimanfaatkan untuk kegiatan pemanfaatan sampah menjadi listrikhanya 10 ha.
Sedangkan potensi sampai wilayah Sarbagita sekitar 800 ton perhari, dan diprediksi dapat menghasilkan listrik 9,6 megawatt. Namunsaat ini, pemasokan sampah baru mencapai 350-500 ton per hari. Saatpercobaan dilakukan terdapat 4 mesin dengan kapasitas masing-masing1 megawatt, namun baru bisa dihidupkan satu mesin dengan produksilistrik 470 kilowatt.
TPA sampah sistem sel tersebut mempunyai kapasitas 12.000 m3sampah dan diprediksi dapat memproduksi listrik sekitar 364 kw.Setiap sel sampah mempunyai dimensi lebar 20 meter, panjang 28meter, dan tinggi 12 meter. Dinding terbuat dari konstruksi betonbertulang, dan bagian atas tertutup dengan menggunakan terpalplastik.
Dibagian bawah sel terdapat saluran lindi yang dikumpulkankearah depan dengan kemiringan 5 persen dimasukkan ke dalam pipapengumpul. Sistem dilengkapi dengan pipa untuk melakukan sirkulasiair.
Sumur pengumpul gas dengan diameter 6 ditanam setiap jarak 5meter dibagian tengah sampai pada kedalaman 12 meter. Gas darisetiap sumur dikumpulkan dengan pipa fleksibel dan dialirkankebagian depan sel, dan siap dihisap gasnya.
Penghisapan di pusat pompa dilakukan sampai pada tekanan -50 mb,namun dikontrol dengan gas oksigen yang terhisap tidak boleh lebihdari 6 persen.
Ia mengungkapkan, tujuan dari penelitian tersebut adalah untukmelakukan pengukuran gas di TPA Sistem Sel basah dan kering diSuwung, Denpasar, Bali. Serta mendapatkan laju produksi gas dalamfungsi waktu, dan membuat evaluasi kinerja dan optimalisasi desainpengolahan sampah sistem sel untuk aplikasi pengolahan sampahperkotaan skala sedang antara 300 s/d 500 m3 sampah perhari.
Termasuk, sebagai masukkan bagi usulan kebijakan pengelolasampah kota skala sedang kepada lembaga atau departemen terkaituntuk perbaikan penerapan implementasi di lapangannya, dan gunamengetahui perbedaan sistem basah dan sistem kering ditinjau dariproduksi gasnya.

Tidak ada komentar:

EASYHITS4U

Link akun paypal Untuk transaksi bisnis anda yang lebih mudah

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

PINGLER.COM

Ada kesalahan di dalam gadget ini