Minggu, 06 November 2011

AYO MENANAM POHON, JANGAN TUNGGU BENCANA DATANG ( GERAKAN ADOPSI POHON AFC INDONESIA 2011-2012

Hutan adalah penyedia oksigen dalam jumlah besar dan dalam proses fotosintesis, hutan merubah karbondioksida yang dihasilkan oleh aktifitas industri dan kegiatan manusia lainnya menjadi oksigen yang dibutuhkan semesta. Hancurnya hutan sebagai bagian dari ekosistem telah menciptakan efek rumah kaca yang merubah iklim dan ketahanan tubuh hampir semua pendapatan ekonomi seluruh lapisan masyarakat akibat bencana alam yang tak pernah kunjung berhenti.
Mengingat hal di atas, maka Al Ghiffari Forest Community berupaya secara maksimal melalui kegiatan pembangunan hutan kembali bersama Taruna Rimbawan Indonesia dan memberikan pencerahan serta mengajak berbagai fihak terlibat secara langsung dengan gerakan Adopsi Pohon baik dilingkungan Hutan Lindung, Daerah Aliran SUngai dan bersama sama membangun hutan rakyat bersama sama pengusaha dan masyarakat luas secara terus menerus guna tercapainya pembangunan hutan 2 (dua) juta hektar pertahun beserta keaneka ragaman hayati yang menghuninya, sebagaimana yang dicanangkan pemerintah melalui Departemen Kehutanan RI, salah satu dampak kehancuran alam ini adalah meluapnya air kedaratan dalam bentuk banjir bandang dan insultrasi air laut kedaratan, berkembangnya berbagai penyakit baru yang menimpa masyarakat. Seluruh fenomena ini akan berdampak besar terhadap laju pertumbuhan ekonomi dan pemulihannya. Salah satu langkah penyadaran masyarakat akan pentingnya hutan adalah melalui kegiatan kampanye penghijauan bersama seluruh elemen masyarakat dengan metode kognitif, afektif dan psikomotor mulai dari kegiatan pengolahan limbah yang dihasilkan oleh kegiatan masyarakat berupa timbulan sampah yang diproses menjadi kompos cair dan padat, serta pemanfaatan aneka barang non organik untuk peningkatan penghasilan dan pembiayaan kegiatan.
Adapun kegiatan nyata masyarakat peserta kegiatan Adopsi Pohon adalah berupa pengenalan teknik pengolahan kompos melalui pola 3M (Memisahkan, menggunakan kembali dan mendaur ulang) sebagaimana yang diamanatkan undang - undang no 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah domestik dan UKM. Selanjutnya kompos yang dihasilkan menjadi media tanam mulai dari menyemai,  menanam hingga merawat berbagai tanaman jenis kayu-kayuan dan jenis MPTS yang kelak akan menjadi kekayaan hutan dan alam Indonesia oleh generasi muda yang akan menghirup udara lebih segar dan kehidupan dunia yang lebih nyaman dikemudian hari. Dalam tehnik aplikasi dilapangan, hasil komposting masyarakat perkotaan akan didistribusikan kepada masyarakat pedesaan untuk kegiatan pertanian dan penanaman hutan kembali.

Sebagaimana yang kita ketahui, timbulan sampah mejadi sumber pelepas gas methane yang bahayanya 100 kali lipat dibandingkan CO2, sehingga perbaikan kondisi udara, air dan tanah kearah yang lebih baik, harus dimulai secara keseluruhan. Hal ini dimungkinkan, karena antara proses pengolahan limbah rumah tangga, sekolah dan lingkungan masyarakat berkaita erat pula dengan kebutuhan media tanam, pupuk padat dan cair yang dibutuhkan oleh proses penyemaian, penanaman dan perawatan. Dengan dua hal ini dilaksankan, kami berfikir, maka masalah persampahan yang menjadi beban APBN dan APBD dalam jumlah besar, dapat dieliminir dengan program ini, sementara perbaikan lahan kritis dan hutan melalui proses menabung bibit yang dilaksanakan ditingkat sekolah sejak tingkat  sekolah dasar hingga perguruan tinggi akan menjadi jawaban atas minimnya bibit yang akan ditanam oleh masyarakat dan kelak akan mengurangi beban biaya pengadaan bibit dilingkungan aktifis forester.
Keberhasilan program Adopsi pohon dan pengolahan limbah rumah tangga sebenarnya dapat tercapai manakala semua elemn bangsa menyadari bahwa pentingnya penanaman hutan erat kaitannya dengan kesehatan dan stabilitas ekonomi masyarakat secara kesuluruhan dan perlunya pengolahan sampah rumah tangga akan menjadi sumber daya ekonomi yang menjanjikan bila dikelola secara terus menerus dengan menggunakan tehnologi yang ramah lingkungan dan mulai dari rumah kita masing-masing.
Dalam Catatan ini, kami mengajak siapapun anda, dari manapun anda berasal untuk memberikan kontribusi positif bagi Gerakan Adopsi Pohon dengan melayangkan permohonan menjadi Donatur, Peserta Investasi Hutan Rakyat 1200 hektar ataupun menjadi Relawan ke Sekretariat LSM Al Ghiffari Forest Community Indonesia, JL KH Abd Hamid KM1 No 35 Desa Sukamaju Rt01/Rw03 Kecamatan Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia kode Pos 16630 atau hubungi langsung ke 087870626431

Tidak ada komentar:

EASYHITS4U

Link akun paypal Untuk transaksi bisnis anda yang lebih mudah

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

PINGLER.COM

Ada kesalahan di dalam gadget ini