Minggu, 14 Maret 2010

Indonesia memiliki luas hutan sebanyak 100 juta hektare sebuah potensi yag sangat luar biasa, sebagai ilusrasi sederhana akan dihitung pendapatan negara dengan potensi hutan selama waktu 20 tahun dengan tetap menjaga kelestariannya. Bila diasumsikan, jarak rata-rata pohon kayu di hutan kita adalah lima meter maka akan kita dapatkan bahwa dalam satu hektar terdapat rata-rata 400 pohon. Bila kita terapkan pola hutan lestari, dan pohon baru dipanen setelah 20 tahun, atau setiap tahun cuma 5% jumlah pohon yang dipotong, maka dari 400 pohon akan dipanen 20 pohon per hektar. Bila setiap pohon berusia 20 tahun memiliki volume rata-rata 5 meter kubik kayu dengan hasil netto (harga pasar dikurangi segala biaya) Rp. 200.000,- per meter kubik, maka nilai ekonomisnya menjadi Rp. 1 juta per pohon atau Rp. 20 juta per hektar.

Luas daratan kita adalah 190 juta hektar, di mana 29% darinya non hutan dan 16% hutan lindung. Sisanya 10% hutan konservasi, 14% hutan produksi terbatas, 19% hutan produksi permanen, dan 12% hutan produksi konversi. Pembagian ini dibedakan menurut pola pemanfaatan yang diijinkan. Sementara hutan konservasi tetap dijaga sebagai hutan, hutan konversi lambat laun akan diubah menjadi perkebunan. Jadi hutan yang bisa dimanfaatkan total menempati area sebesar 55 % daratan kita atau sekitar 104 juta hektar.

Dengan demikian, bila pola pemanfaatan hutan menggunakan cara yang paling lestari yaitu setiap tahun hanya dipanen 5%, dan itupun menghasilkan revenue sekitar Rp. 20 juta per hektar, maka dari sektor kehutanan saja sudah didapatkan hasil sebesar Rp. 2080 Trilyun! — suatu jumlah yang cukup fantastis, mengingat APBN Indonesia 2009 saja hanya sekitar Rp. 1000 Trilyun. Dan sekali lagi, pemanfaatan hutan ini lestari

(Oleh : Dr.-Ing. Fahmi Amhar, Peneliti Utama bidang Sistem Informasi Spasial &
Ka Balai Penelitian Geomatika –
Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional/Bakosurtanal)

> pertanyaanya kemanakah Rp. 1080 Triliun sisanya..
> bagaimana sistem pengelolaan hutan di indonesia sekarang, belum bisa memanfaatkan potensi hutan...

Tidak ada komentar:

EASYHITS4U

Link akun paypal Untuk transaksi bisnis anda yang lebih mudah

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

PINGLER.COM

Ada kesalahan di dalam gadget ini