Kamis, 25 Maret 2010

PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT


`Bojonggede - Puluhan warga Desa Bojongbaru Kecamatan Bojonggede belajar pengolahan sampah dengan pola 3R, Reduce, Reuse dan Recycle pada Sabtu (20/3), kemarin. Kegiatan ini merupakan realisasi pemanfaatan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri yang bekerja sama dengan Saung Sampah Pusra Perumahan Pusparaya.

Menurut Koordinator Saung Sampah Pusra Effendi, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, sejak Jum'at (19/3) hingga Minggu (21/3) hari ini. Selama tiga hari ini, lanjut dia, 23 warga se-Desa Bojongbaru mendapatkan materi dari Al Ghifary Forest Community (AFC) Indonesia. "Setelah mendapatkan materi tentang sampah dan bagaimana pengolahannya, hari ini (kemarin, red) mereka praktek," ujar Effendi, kemarin.
Dalam praktek pengolahan sampah, Tim 3R Saung Sampah Pusra yang terdiri Effendi, Heni, Banu dan Yono memperagakan pengolahan sampah dengan teknik an aerob dan biopori. Praktek pengolahan ini mendapat antusias yang tinggi dari para peserta yang didominasi ibu rumah tangga dan pemuda tersebut. "Kami membagi peserta ke dalam lima kelompok. Besok (hari ini, red) mereka akan diuji," katanya kepada Jurnal Bogor.
Lebih lanjut Ibu Effendi mengatakan, Saung Sampah Pusra yang usianya belum genap satu tahun ini seringkali diminta untuk melakukan sosialisasi pengolahan sampah. Bahkan, tiga tahun lagi Desa Bojongbaru diharapkan tidak mengeluarkan sampah organik. "Setiap rumah tangga dalam tiga tahun ke depan bisa mengolah sampah organiknya menjadi pupuk buatan," tutur Effendi.
Dengan pengolahan sampah di rumah tangga, lanjut dia, akan mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke Tempat Pembungan Akhir Sampah (TPAS). Sehingga, lanjut dia, tidak ada lagi korban yang meninggal dunia akibat tumpukan sampah. "Kami akan terus melakukan sosialisasi pengolahan sampah. Bahkan dalam waktu dekat ini kami diminta Kodam Jakarta untuk mempresentasikan pengolahan sampah di Saung Sampah Pusra," pungkas koordinator pengolahan sampah terbaik se-Kabupaten Bogor ini.

Fadlya El'Arsya
mnurofik@jurnabogor.com

Tidak ada komentar:

EASYHITS4U

Link akun paypal Untuk transaksi bisnis anda yang lebih mudah

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

PINGLER.COM

Ada kesalahan di dalam gadget ini